Posting Terbaru
Respon Terbaru
  Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg
>           01 02
> 03 04 05 06 07 08 09
> 10 11 12 13 14 15 16
> 17 18 19 20 21 22 23
> 24 25 26 27 28 29 30
> 31            



Kegiatan Minggu ini

Tidak ada kegiatan minggu ini


Search events by...



Kegiatan Hari Ini

Tidak ada kegiatan hari ini
Wajah Pengawas Dlm Foto
video
Orgen Tunggal Disewakan

Voucher Gemscool

Kunci Jawaban Beredar di SMPN 16 Padang

Oleh wircop
Rabu, 07 Mei 2014 06:47:36 Klik: 781 Cetak: 142 Print version download versi msword

.

SOAL MATEMATIKA

PADANG,  — Kunci jawaban untuk 20 varian soal matematika pada hari kedua pelaksanaan ujian nasional (UN) SMP beredar di ka­langan siswa. Ini di­temukan di SMPN 16 Padang oleh Ombudsman Sumatera Barat sewaktu melakukan pemantauan ke sekolah tersebut.

Dikatakan Asisten Om­budsman Sumbar Adel Wahidi, kunci jawaban ini ditemukannya usai siswa keluar dari ruang ujian.

“Baru saja keluar dari ruang kelas, siswa sudah mengeluarkan kunci jawa­ban. Kami langsung mene­mui siswa dan meminta kunci jawaban yang diba­wanya,” kata Adel, Selasa (06/5).

Kemudian, dari hasil pengamatan, terihat sejum­lah siswa berkelompok membaca kunci jawaban yang sudah mereka dapatkan. Diper­kirakan sepuluh orang siswa memiliki satu kunci jawaban. Kunci jawaban yang dipegang siswa ini bisa dipergunakan oleh seluruh siswa karena memuat seluruh varian soal.

“Di masing-masing kunci jawaban sudah diberi tanda, siswa akan memilih kunci yang mana. Ditandai dengan menyebutkan soal untuk nomor satu dan terakhir,” terang Adel.

Adel menerangkan pada hari kedua ini, pihaknya melakukan pemantauan di empat sekolah. Yaitu di SMPN 13, SMPN 15, SMPN 16, dan SMP Ar Risalah Padang. Dari pemantauan, hanya di SMPN 16 Padang ditemukan kunci jawaban beredar.

Terkait beredarnya kunci ini sudah diberitahukan kepada pihak sekolah dan pengawas. Namun keduanya mengaku tidak mene­mui siswa menggunakan kunci jawaban sewaktu ujian berlangsung.

Melihat kondisi ini, kata Adel, sesuai aturannya, pihak pengawas yang dikoordinir Universitas Andalas, bersama Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Dinas Pendidikan harus melakukan investigasi terhadap masalah beredarnya kunci jawaban tersebut.

Hal ini menurut Adel, sudah tertuang jelas dalam Pedoman Menyelesaikan Kasus-kasus yang Terjadi Dalam Pelaksanaan UN yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pada 2 April 2014 lalu.

Tidak sampai di sana, pada tahap tertentu investigasi lebih lanjut bisa dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemen­dikbud. Kunci jawaban sendiri diperiksa oleh Puspendik.

“Jika semua unsur membe­rikan sinyal positif terjadinya kecurangan, maka hasil UN untuk sekolah tersebut dinya­takan tidak valid. Jika ternyata kunci jawaban tersebut tidak sesuai dengan soal yang diujikan, investigasi tetap harus dilanjutkan kepada siapa penyebar kunci. Karena orang yang menyebar kunci dianggap telah membuat kacau pelaksanaan UN,” terang­nya.

Sementara itu Kepala SPMN 16 Padang Yulizar menyatakan, mengakui ada siswa yang meme­gang kunci jawaban usai dilak­sanakannya ujian. Apa yang terjadi  pada hari kedua ini, cukup mengecewakan dirinya beserta guru-guru di sekolah. Siswa yang membawa kunci jawaban akan mendapat peri­ngatan keras.

Beredarnya kunci jawaban ini sendiri sudah disampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Padang dan pengawas untuk segera diselidiki. Yulizar juga berharap, penyebar kunci jawaban bisa segera ditemukan dan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Tidak hanya itu, Ombudsman Sumbar juga menrima pengaduan dari wali murid terhadap kunci jawaban yang beredar di hari pertama pelaksanaan UN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

“Laporan ini disampaikan oleh wali murid MTsN Durian Ta­rung. Disebutkan, saat anaknya pulang sekolah, kunci jawaban ini diserahkan ke orang tua. Setelah itu orang tua langsung menyerahkan kunci jawaban ini kepada Ombudsman pagi tadi,” imbuh Adel.

Pantauan DPRD

Komisi IV DPRD Kota Pa­dang, Selasa (06/5) kemarin,  melakukan kunjungan lapangan ke sejumlah sekolah yang melaksanakan UN.

Komisi IV mengklaim pelak­sanaan UN di Kota Padang berjalan lancar dan tidak dite­mukan adanya pelanggaran atau persoalan yang fatal.

Kunjungan kemarin, selain anggota Komisi IV DPRD Padang, juga Wakil Ketua DPRD Kota Padang Budiman serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Indang Dewata.

Kunjungan dilakukan kedua sekolah, yakni  Madrasah Tsanawiyah Gunung Pangilun dan SMP 12 Padang di Lapai.

Budiman mengatakan, penga­wasan ujian cukup ketat, bahkan tidak sembarang orang yang bisa masuk ke lokasi sekolah, karena selalu diperiksa terlebih dahulu.

Ini membuktikan, kerja sama dari semua pihak dalam mela­kukan pengawasan UN berjalan dengan baik.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Azwar Siry menam­bahkan, DPRD Kota Padang melalui Komisi IV akan terus melakukan pemantauan UN hingga hari terakhir.

“Kalau indikasi kecurangan,  tidak ada  ditemukan. Kami hanya menemukan adanya kekhawatiran siswa pada saat mengisi jawaban soal karena adanya 7 ralat soal pada ujian Bahasa Indonesia “ katanya.

Kemudian, ada lembaran soal yang dicabut dari berkas utaman­ya, sehingga nomor soal 45 juga hilang. Dan bagi pelajar ini menimbulkan pertanyaan. Sebab ada pelajar yang mengisi nomor tersebut ada yang tidak.

”Padahal, pengawas menje­laskan nomor 45 tersebut adalah bonus. Namun karena keter­batasan waktu untuk menje­laskan dikhawatirkan tidak semua pelajar paham,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang mengharapkan pelak­sanaan UN di Kota Padang mulai dari tingkat SMA -SMP hingga SD bisa berjalan lancar, dan menghasilkan kualitas nilai yang terbaik di tingkat nasional.

Sumber: Haluan, 07 Mei 2014

 
Berita Berita Sekolah Lainnya
. SMA Negeri Cuma Tampung Separuh
. 21 Sekolah Diusulkan Dapat Adiwiyata
. Dikhawatirkan Eks RSBI Tetap Mahal
. MTsN dan MAN Jangan Dianaktirikan
. KPAI Minta Sekolah Penuhi Standar Perlindungan Anak
. Sekolah Dilarang Jual Seragam
. Ratusan Siswa Dipulangkan
. Wagub Sumut Puji Mobil Golf Rakitan SMK Multi Karya
. DIGELAR NGO WIJABA : SD 21 Jati Utara Juara Lomba K 5
. Mobil Listrik Meluncur dari SMKN 2 Wonogiri
Undangan Upacara
Yth. Bapak/Ibu Pengawas Dinas Pendidikan Kota Padang

Diminta kehadirannya mengikuti upacara bendera bulanan yang dilaksanakan pada :
Hari : Senin / 17 Maret 2014
Pukul : 07.30 WIB
Tempat : GOR H. Agus Salim Padang
Pakaian : Korpri
Inspektur Upacara : Pj. Walikota Padang

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.


Padang, 16 Maret 2014
Koordinator Pengawas

Drs. Muslim B, M.Pd
Cara Kirim Info/Berita/Artikel
Bagi rekan-rekan pengawas ataupun pembaca lainnya yang ingin mempublikasikan informasi/berita/artikel ke situs ini, dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara:
1. Langsung dari situs ini, dgn cara:
- Arahkan mouse ke icon "Tentang Kami"
- Klik "Kontak"
- Isikan data dan informasinya di kolom "Pesan"
- Ikuti tulisan Security Code dan klik "Kirim"

2. Kirim dari email anda ke alamat email ini: info@pengawaspadang.com

Informasi yang diterima akan secepatnya dimuat setelah dilakukan editing seperlunya

Hormat kami,
Administrator
Search Engine OptimizationSubmit Express
Ketawa Achhh...
Orgen Tunggal Disewakan

Voucher Game Online Gemscool

 Top Download
Selamat Datang Tamu!
Guest(s)online: 1

No Members are currently logged in.
Arsip Berita
Maret 2013
Nopember 2013 60 
Desember 2013 134 
Januari 2014 142 
Februari 2014 50 
Maret 2014 81 
April 2014 86 
Mei 2014 57 
Juni 2014 21