Posting Terbaru
Respon Terbaru
  Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg
>           01 02
> 03 04 05 06 07 08 09
> 10 11 12 13 14 15 16
> 17 18 19 20 21 22 23
> 24 25 26 27 28 29 30
> 31            



Kegiatan Minggu ini

Tidak ada kegiatan minggu ini


Search events by...



Kegiatan Hari Ini

Tidak ada kegiatan hari ini
Wajah Pengawas Dlm Foto
video
Orgen Tunggal Disewakan

Voucher Gemscool

Belum Tua tetapi Pelupa

Oleh wircop
Minggu, 15 Juni 2014 09:25:42 Klik: 571 Cetak: 112 Print version download versi msword

.

Mungkin kita pernah mengalami hal ini; usia belum tua, tetapi sudah sering lupa. Ternyata bukan hanya faktor pertambahan usia yang membuat kita jadi pelupa. Ada sejumlah faktor gaya hidup yang membuat memori jadi kendur.

Baru menjalani pembedahan

Masalah memori sering kali terjadi seusai pembedahan. Belum diketahui sebab pastinya, apakah ini dampak dari obat-obatan anestesi terhadap otak atau reaksi peradangan di dalam tubuh.

"Masalah memori ini jarang terjadi pada mereka di bawah usia 40 tahun. Namun, di atas 60 tahun, 25 persen mengalami penurunan fungsi kognitif tujuh hari setelah operasi dan 10 persen masih mengalaminya tiga bulan kemudian," kata dr Brendan Silbert dari St Vincent’s Hospital, Australia.

Program diet
Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa wanita yang menjalani diet rendah karbohidrat selama seminggu memiliki hasil tes memori lebih buruk dibandingkan wanita yang menjalani pola makan tinggi karbohidrat. "Studi ini menunjukkan bahwa makanan yang Anda makan bisa berdampak langsung terhadap perilaku kognitif," kata Prof Holly Taylor yang memimpin penelitian itu.

Teorinya, mengurangi karbohidrat bakal mengurangi glukosa yang ada di otak. Oleh karenanya, otak jadi tidak memiliki energi untuk mengingat banyak hal. Ketika kita kembali makan karbohidrat, masalah memori ini hilang dengan sendirinya.

Masalah jantung
Baru-baru ini Prof Osvaldo Almeida dari University of Western Australia menemukan bahwa pasien gagal jantung mengalami perubahan aktual di daerah otak, yang terkait dengan fungsi memori. Almeida bukanlah orang pertama yang mengaitkan masalah jantung dengan memori buruk.

Peneliti dari Perancis menemukan wanita dengan risiko penyakit jantung seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi memiliki skor tes memori lebih rendah tujuh persen dibandingkan wanita yang lebih sehat.

“Belum jelas mengapa gagal jantung ada hubungannya dengan hilangnya sel-sel selebral di otak dan menurunnya fungsi kognitif,” kata Almeida. Namun ia menyarankan mempraktikkan hidup sehat dan menjaga faktor risiko seperti tekanan darah tinggi dan diabetes yang mungkin akan membantu menghentikan perburukan memori. Hidup sehat juga membantu mencegah perburukan bagi mereka yang sudah mengalami penyakit jantung.

Asam lambung rendah
Satu vitamin yang paling penting untuk memori adalah B12 yang terdapat dalam daging. Vitamin ini sulit diserap tubuh ketika kita mengalami asam lambung yang rendah. “Dan ketika kita tua, kita secara alami mengeluarkan asam lambung lebih sedikit,” kata Olwen Anderson, ahli naturopati dan nutrisi. Stres juga bisa membuat asam lambung jadi lebih sedikit.

Tanda-tandanya, kita mengalami reflux (makanan naik dari lambung) dan heartburn. Kita juga merasakan bahwa makanan ada di perut setelah makan. Bila kita mengalami hal ini, Anderson menyarankan kita untuk mulai makan dengan makanan pahit. Ini bisa merangsang produksi asam lambung.

Obat-obatan
Dalam buku Younger Brain, Sharper Mind, ahli antiaging dari AS, dr Eric Braverman, bicara soal pentingnya kecepatan otak untuk menyimpan memori. Ketika berpikir terlalu lambat, ia mengatakan, ”Neuron tidak lagi mengeluarkan informasi, dan informasi baru tidak disimpan dalam memori,” katanya.

Kita kehilangan 7 hingga 10 milidetik kecepatan otak setiap 10 tahun sejak usia 20 tahun. Itulah kenapa memori memudar ketika usia bertambah. Namun, sejumlah hal bisa memperparah memori. Di antaranya penggunaan obat-obatan, baik obat bebas maupun obat resep dokter.

Sumber: Kompas, 14 Juni 2014

 
Berita Kesehatan Lainnya
. Benarkah Minum Vitamin Mencegah Flu?
. Terapi untuk Anak Korban Kekerasan Seksual
. Teh Hijau Bermanfaat Cerdaskan Otak
. 173 Tempat Tidur untuk Caleg Stres
. Radang Paru dan Iritasi Mata Menyerang
. Hypnoseks, Atasi Masalah Pasutri
. Inilah Sebab Pentingnya Olahraga Bagi Penyandang Diabetes
. Mau Lebih Rileks? Jangan Simpan Stres Sendiri
. 6 Cara Unik Mengasah Otak
. 6 Ciri Daya Tahan Tubuh Sedang Lemah
Undangan Upacara
Yth. Bapak/Ibu Pengawas Dinas Pendidikan Kota Padang

Diminta kehadirannya mengikuti upacara bendera bulanan yang dilaksanakan pada :
Hari : Senin / 17 Maret 2014
Pukul : 07.30 WIB
Tempat : GOR H. Agus Salim Padang
Pakaian : Korpri
Inspektur Upacara : Pj. Walikota Padang

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.


Padang, 16 Maret 2014
Koordinator Pengawas

Drs. Muslim B, M.Pd
Cara Kirim Info/Berita/Artikel
Bagi rekan-rekan pengawas ataupun pembaca lainnya yang ingin mempublikasikan informasi/berita/artikel ke situs ini, dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara:
1. Langsung dari situs ini, dgn cara:
- Arahkan mouse ke icon "Tentang Kami"
- Klik "Kontak"
- Isikan data dan informasinya di kolom "Pesan"
- Ikuti tulisan Security Code dan klik "Kirim"

2. Kirim dari email anda ke alamat email ini: info@pengawaspadang.com

Informasi yang diterima akan secepatnya dimuat setelah dilakukan editing seperlunya

Hormat kami,
Administrator
Search Engine OptimizationSubmit Express
Ketawa Achhh...
Orgen Tunggal Disewakan

Voucher Game Online Gemscool

 Top Download
Selamat Datang Tamu!
Guest(s)online: 2

No Members are currently logged in.
Arsip Berita
Maret 2013
Nopember 2013 60 
Desember 2013 134 
Januari 2014 142 
Februari 2014 50 
Maret 2014 81 
April 2014 86 
Mei 2014 57 
Juni 2014 21