Posting Terbaru
Respon Terbaru
  Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg
>           01 02
> 03 04 05 06 07 08 09
> 10 11 12 13 14 15 16
> 17 18 19 20 21 22 23
> 24 25 26 27 28 29 30
> 31            



Kegiatan Minggu ini

Tidak ada kegiatan minggu ini


Search events by...



Kegiatan Hari Ini

Tidak ada kegiatan hari ini
Wajah Pengawas Dlm Foto
video
Orgen Tunggal Disewakan

Voucher Gemscool

Batalkan Mutasi di Padang

Oleh wircop
Sabtu, 03 Mei 2014 07:01:31 Klik: 638 Cetak: 185 Print version download versi msword

.

PADANG — Wakil Gubernur Muslim Kasim berharap Gubenur Irwan Prayitno bisa membatalkan mutasi 52 pejabat Pemko Padang yang dilakukan Pejabat (PJ) Walikota, Erizal baru-baru ini. Ia menilai, mutasi tersebut tidak masuk akal.

Ia menilai mutasi itu tak bijak. Selain amat kental kepentingan politik, tak memenuhi kriteria Baperjakat. Selain itu juga bisa memacu ketidakpercayaan masyarakat pada pemerintah.
“Sangat tak masuk akal. Itu sangat tak bijak. Saya berharap Gubenur bisa menghentikan Pj Walikota,” ujar Muslim Kasim seusai menghadiri Rapat Paripurna bersama DPRD Sumbar, Rabu (30/4).
Muslim menilai memang tak ada peraturan yang dilanggar dengan mutasi dan pelantikan 52 pejabat pemko itu. Namun, secara etika pemerintahan, mutasi itu ia nilai amat tak bijak. Unsur kepentikan politik amat terlihat jelas dan bisa semakin memuat masyarakat tak percaya pada pemerintah.
“Apalagi dilakukan beberapa hari menjelang pelantikan walikota dan wakil walikota terpilih,” ujar Muslim. Rencananya pelantikan walikota/wakil walikota terpilih Mahyeldi/Emzalmi akan dilakukan 13 Mei mendatang.
Masyarakat, kata dia, bisa saja menilai mutasi itu seperti keputusan ‘menyapu bersih’ atau menempatkan orang-orang yang sesuai dengan kepala daerah. Seakan-akan pejabat yang mendukung kepala daerah ditempatkan sebagai pejabat, sementara yang tak mendukung dimutasikan.
“Seharusnya, mutasi kepala daerah itu dilakukan berdasarkan kebutuhan. Mutasi dilakukan jika pejabat daerah tak bisa menjalankan kerja masing-masing. Pemilihan siapa yang menjabat pun harusnya berdasarkan penilaian Baperjakat. Ada kriterianya, bukan asal mau saja,” ujar Muslim.
Ia berharap untuk pejabat pemerintah yang diberikan wewenang benar-benar sesuai kemampuan dan kebutuhan. Bukan berdasarkan kepentingan politik.
Seperti diberitakan Singgalang sebelumnya, 52 pejabat eselon II, III dan IV, termasuk 16 kepala sekolah dilantik PJ Walikota Padang, Erizal, Senin (28/4).
Diantaranya Yosefriawan digantikan Kabag Hukum Andri Yulika, Kadishubko minfo Raju Minropa digantikan Rudy Rinaldy yang sebelumnya sekretaris pada BPBD dan Damkar. Sejumlah camat juga dimutasi. Diantaranya Camat Padang Barat Amasrul digantikan Arfian. Imelwati, Camat Padang Selatan dinonjobkan. Sedangkan Camat Padang Utara Yalmasril dimutasi ke Koto Tangah. Camat Koto Tangah Amrita Luthan dinonjobkan.

Pejabat Eselon III di sekretariat Kota Padang, Kabag Pemerintahan, Rosail diganti. Kepala Kesbangpol turun eselon menjadi Kabid Kedaruratan dan Logistik di BPBD Damkar. Kepala Kesbangpol Padang dijabat oleh Eri Sendjaya yang sebelumya Camat Lubuk Kilangan.
Beberapa sekretaris camat (Sekcam) naik menjadi camat. Diantaranya Sekcam Pauh Syafwan menjadi Camat Lubuk Kilangan, Sekcam Padang Selatan Yefri menjadi Camat Padang Selatan, Sekcam Lubuk Kilangan Amrizal menjadi Camat Padang Utara.
Untuk Kepala Sekolah. Di antaranya Kepala SMAN 3, Monalisa dimutasi menjadi guru biasanya. Monalisa digantikan Syahrul yang sebelumnya Kepala SMAN 9. Kepala SMAN 9 dijabat Yensi Morita yang sebelumnya Wakil Kepala SMA 10 Padang.
Sedangkan Barlius dari SMAN 6 menjadi kepala SMAN 1 menggantikan Suardi Dahlan. Jabatan Kepala SMAN 6 dipercayakan pada Ramadansyah yang Wakil Kepala SMA 1 Padang. Wakil Kepala Sekolah SMAN 4 Retno Sri Wahyuningsih dipromosikan menjadi Kepala SMAN 15.

DPRD pertanyakan
Keseriusan DPRD Padang mempertanyakan mutasi pejabat eselon di lingkungan kembali ditunjukkan. Dalam rapat pleno penutupan masa sidang I dan pembukaan masa sidang II, Kamis (30/4), wakil rakyat ini mempertanyakan alasan mutasi tersebut oleh Pj Wako. Bahkan, Komisi satu akan melakukan evaluasi.
“Kami mempertanyakan mengapa ada mutasi. Memang benar itu kewenangan kepala daerah, tapi statusnya Pj Wako,” kata Jumadi di saat paripurna.
Ketua komisi Golkar ini merasa mutasi yang dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan. Untuk itu, dia berharap perlu dilakukan penijauan ulang soal SK tersebut. “Bisa saja nanti dibatalkan. Yang jelas saat ini kami meminta peninjauan ulang,” ujarnya.
Jumadi juga menilai hal yang dilakukan Pj Wako tersebut tidak layak. Pasalnya, waktu pelantikan Wako terpilih sudah ditentukan 13 Mei. Kalau Wako terpilih tidak memiliki pandangan yang sama dengan penilaian Pj Wako, tentu tak nada mutasi lagi.
Artinya akan sering terjadi mutasi pejabat. Secara langsung akan berpengaruh pada kinerja. “Kondisi kerja juga tidak akan kondusif di SKPD tersebut,” katanya.
Wakil Ketua DPRD, Afrizal melihat hal yang sama. Dia meminta pada Komisi I untuk melakukan pembahasan internal untuk pengambilan langkah selanjutnya.
Anggota DPRD lainnya, Albert Hendra Lukman juga merasa ada yang janggal dengan mutasi ini. Salah satu yang tidak sesuai dalam pandangannya adalah waktu jabatan Pj Wako yang sebentar lagi berakhir. “Mengapa tidak sabar dulu, biarlah wako terpilih yang akan melakukan mutasi. Ada apa ini,” katanya.
Senada dengan itu, anggota DPRD lainnya Muzni Zen juga mengkritisi mutasi tersebut, terutama soal lurah berprestasi yang akan mewakili Padang di tingkat Sumbar.
“Apa indikator penilaiannya. Hendaknya jangan ada politisasi dalam soal jabatan ini. Masih banyak bengkalai yang perlu menjadi perhatian,” katanya.
Sekdako Nasir Ahmad ketika meminta penjelasan soal mutasi ini, berdalih sudah dijelaskan oleh Pj Wako saat pelantikan tersebut. Ketika ditanyakan apakah sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan, Nasir juga tidak berkomentar banyak. “Apa yang disampaikan Pj Wako, ya itu sebenarnya,” ujarnya.
Saat disinggung apakah penilaian yang dilakukan Baperjakat sudah sesuai dan objektif. Nasir juga tidak mau banyak komentar. Dia berdalih sudah dijelaskan Pj Wako saat pelantikan.
Terkait akan dilakukan evaluasi oleh DPRD, Nasir juga tidak memberikan jawaban pasti. “Ya tidak apa kalau ada evaluasi,” katanya.
Dalam paripurna ini, Pj Wako Erizal tidak hadir karena mengikuti Musrembang nasional di Jakarta.
Sebelumnya, Erizal menyampaikan mutasi ini sudah sesuai dengan ketentuan.

Sumber: Singgalang, 02 Mei 2014

 
Berita Nasional Lainnya
. Lolos Seleksi PTN tetapi Tak Punya Biaya Kuliah? Lapor ke Kampus
. Jokowi-JK Ingin Hapus Ujian Nasional
. Pertamakalinya 'Ayo Menabung & Berbagi' Digelar di Palembang
. Mendikbud Janji Ungkap Mafia Ujian Nasional
. Kemendikbud: Munculnya Jokowi di Soal UN SMA Tidak Disengaja
. Mutasi di Pemko Padang Munculkan Berbagai Aksi
. M Nuh Ungkit Mobil Esemka
. Indonesia Negara dengan Ongkos Produksi Termurah di Dunia
. KPAI Temukan Siswa Tertekan karena UN
. Polisi Berseragam Ganggu Peserta UN
Undangan Upacara
Yth. Bapak/Ibu Pengawas Dinas Pendidikan Kota Padang

Diminta kehadirannya mengikuti upacara bendera bulanan yang dilaksanakan pada :
Hari : Senin / 17 Maret 2014
Pukul : 07.30 WIB
Tempat : GOR H. Agus Salim Padang
Pakaian : Korpri
Inspektur Upacara : Pj. Walikota Padang

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.


Padang, 16 Maret 2014
Koordinator Pengawas

Drs. Muslim B, M.Pd
Cara Kirim Info/Berita/Artikel
Bagi rekan-rekan pengawas ataupun pembaca lainnya yang ingin mempublikasikan informasi/berita/artikel ke situs ini, dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara:
1. Langsung dari situs ini, dgn cara:
- Arahkan mouse ke icon "Tentang Kami"
- Klik "Kontak"
- Isikan data dan informasinya di kolom "Pesan"
- Ikuti tulisan Security Code dan klik "Kirim"

2. Kirim dari email anda ke alamat email ini: info@pengawaspadang.com

Informasi yang diterima akan secepatnya dimuat setelah dilakukan editing seperlunya

Hormat kami,
Administrator
Search Engine OptimizationSubmit Express
Ketawa Achhh...
Orgen Tunggal Disewakan

Voucher Game Online Gemscool

 Top Download
Selamat Datang Tamu!
Guest(s)online: 2

No Members are currently logged in.
Arsip Berita
Maret 2013
Nopember 2013 60 
Desember 2013 134 
Januari 2014 142 
Februari 2014 50 
Maret 2014 81 
April 2014 86 
Mei 2014 57 
Juni 2014 21