Posting Terbaru
Respon Terbaru
  Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg
>       01 02 03 04
> 05 06 07 08 09 10 11
> 12 13 14 15 16 17 18
> 19 20 21 22 23 24 25
> 26 27 28 29 30    



Kegiatan Minggu ini

Tidak ada kegiatan minggu ini


Search events by...



Kegiatan Hari Ini

Tidak ada kegiatan hari ini
Wajah Pengawas Dlm Foto
video
Orgen Tunggal Disewakan

Voucher Gemscool

Penilaian Kinerja kepala Sekolah

Oleh wircop
Minggu, 18 Mei 2014 07:11:45 Klik: 562 Cetak: 161 Print version download versi msword

.

Kepala sekolah merupakan tugas tambahan bagi guru yang dianggap mampu dan memenuhi persyaratan sesuai dan diatur dalam Permendiknas 28/2010.  Selain itu, pertimbangan kepala sekolah adalah peraturan tentang PNS karena kepala sekolah juga PNS. Ada lagi Peraturan Pemerintah 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
Dalam Permendiknas tersebut juga dikatakan ada lima kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah yakni, kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial.
Kelima kompetensi itu harus diimplementasikan secara bulat dan utuh oleh seorang kepala sekolah melalui rencana kerja sekolah yang diperkuat dengan bukti-bukti fisik realisasinya sebagai bahan untuk penilaian kinerja kepala sekolah. Masing-masing kompetensi, dijabarkan dalam berbagai macam indikator yang harus dikerjakan oleh kepala sekolah. Seberapa ketercapaian indikator yang telah ditetapkan itulah nantinya yang akan dijadikan acuan terhadap keberhasilan seorang kepala sekolah di sebuah sekolah yang dipimpinnya.
Penilaian kinerja kepala sekolah dilakukan oleh tim penilai atau dengan istilah lain assesor. Untuk bisa menjadi assesor tentu terlebih dahulu mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus agar tidak salah dalam menilai. Kesalahan dalam menilai akan memberikan kesimpulan yang salah, yang nantinya akan bisa merugikan kepala sekolah itu sendiri.
Penilaian kinerja kepala sekolah ada dua, yakni penilaian kinerja tahunan yang dilakukan oleh pengawas pendidikan setiap tahun dan penilaian kinerja empat tahunan yang dilakukan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Disamping itu juga aka nada penilaian tentang manajemen sekolah, karena anggaran kepala sekolah melalui APBD kabupaten/kota.
Penilaian kinerja kepala sekolah memakai pendekatan tiga ratus enam puluh derjat. Hal ini berarti, dalam menilai kinerja seorang kepala sekolah, tidak saja fisik perubahan yang dilakukan di sekolahnya saja yang dinilai, namun hubungan antara kepala sekolah dengan guru, kepala sekolah dengan pegawai, kepala sekolah dengan peserta didik, kepala sekolah dengan orang tua, kepala sekolah dengan masyarakat bahkan hubungan kepala sekolah dengan sesama teman kepala sekolahpun dinilai. Untuk mendapatkan data, asesor mengambilnya secara acak agar hasil yang diperoleh bisa objektif.
Hasil penilaian kinerja kepala sekolah yang objektif ini, dijadikan sebagai acuan dan bahan pertimbangan oleh tim baperjakat (badan pertimbangan jabatan dan pangkat) di kabupaten/kota untuk memberikan rekomendasi apakah seorang kepala sekolah akan mendapatkan promosi, rotasi atau pemberhentian.
Apabila dari hasil penilaian kinerja kepala sekolah, seorang kepala sekolah memperoleh nilai amat baik sudah sepantasnyalah mendapatkan promosi, sementara kalau nilai kinerjanya tidak baik bisa saja dicabut tugas tambahannya sebagai kepala sekolah, karena jabatan kepala sekolah adalah sebuah kepercayaan.
Dengan dipakainya hasil penilaian kinerja kepala sekolah untuk mempromosikan atau memberhentikan seorang kepala sekolah, tentu tidak akan terjadi keributan dan keresahan di masyarakat. Bagi diri kepala sekolah sendiri akan timbul ketentraman dan kenyamanan dalam bekerja, karena protap (prosedur tetapnya sudah jelas). Kepala sekolahpun akan fokus dalam meningkatkan mutu sekolah.
Berbekal data hasil penilaian kinerja kepala sekolah, kepala sekolah yang diberhentikan akan menyadari bahwa diberhentikannya sebagai kepala sekolah disebabkan karena ketidakberhasilan dirinya dalam memimpin sekolah, bukan karena tidak tidak ikut sebagai tim sukses atau karena lawan politiknya.
Kenyatan yang kita lihat di lapangan dalam era otonomi daerah selama ini, banyak kepala sekolah yang dinilai berhasil dan diakui oleh masyarakat, selama kepemimpinan kepala sekolah tersebut banyak melakukan peruba han-perubahan kearah yang lebih baik, namun mendapatkan perlakuan yang tidak sesuai dengan teori motivasi, bahkan yang lebih tragis lagi ada yang diberhentikan jadi kepala sekolah atau dipindahkan ke sekolah yang jelek.

Sumber: Singgalang, 17 Mei 2014 -- ( Penulis: Feri Fren  (Widyaiswara LPMP Sumbar)

 
Berita Artikel dan Opini Lainnya
. Mata Hati, Mata Uang, dan Mata Pencaharian
. MEMBANGKITKAN SPIRIT MEMBACA
. Pendidikan Indonesia dan Ujian Nasional, Mencerdaskan atau ‘Membodohkan’?
. Pendidikan dan Kasmaran Belajar
. Kisah Nyata: Suara Hati Mantan Pecandu Narkoba
. Surat Terbuka Untuk Pak M. Nuh
. Kebijakan Idiot Pendidikan Indonesia
. Renungan Hari Pendidikan
. Rebutan Mengajar, Potret Suram Guru TIK
. Ketika Hubungan Seperti Pensil & Penghapus
Undangan Upacara
Yth. Bapak/Ibu Pengawas Dinas Pendidikan Kota Padang

Diminta kehadirannya mengikuti upacara bendera bulanan yang dilaksanakan pada :
Hari : Senin / 17 Maret 2014
Pukul : 07.30 WIB
Tempat : GOR H. Agus Salim Padang
Pakaian : Korpri
Inspektur Upacara : Pj. Walikota Padang

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.


Padang, 16 Maret 2014
Koordinator Pengawas

Drs. Muslim B, M.Pd
Cara Kirim Info/Berita/Artikel
Bagi rekan-rekan pengawas ataupun pembaca lainnya yang ingin mempublikasikan informasi/berita/artikel ke situs ini, dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara:
1. Langsung dari situs ini, dgn cara:
- Arahkan mouse ke icon "Tentang Kami"
- Klik "Kontak"
- Isikan data dan informasinya di kolom "Pesan"
- Ikuti tulisan Security Code dan klik "Kirim"

2. Kirim dari email anda ke alamat email ini: info@pengawaspadang.com

Informasi yang diterima akan secepatnya dimuat setelah dilakukan editing seperlunya

Hormat kami,
Administrator
Search Engine OptimizationSubmit Express
Ketawa Achhh...
Orgen Tunggal Disewakan

Voucher Game Online Gemscool

 Top Download
Selamat Datang Tamu!
Guest(s)online: 1

No Members are currently logged in.
Arsip Berita
Maret 2013
Nopember 2013 60 
Desember 2013 134 
Januari 2014 142 
Februari 2014 50 
Maret 2014 81 
April 2014 86 
Mei 2014 57 
Juni 2014 21